generalis

Kepribadian Plus berbicara tentang empat tipe kepribadian kunci. Sistem seperti ini harus membuat generalisasi, mencoba menemukan keseimbangan antara penggambaran yang akurat dan sejumlah yang dapat digunakan jenis. Kepribadian sistem Plus memungkinkan untuk ekstensi dengan profil pencampuran, seperti menggambarkan seseorang sebagai Sanguin Koleris, bukan hanya pemarah atau Sanguine. Sistem ini ada bukan hanya untuk menggambarkan tipe kepribadian seseorang, yang mungkin Myers-Briggs sistem tidak, melainkan untuk menyoroti aspek-aspek kepribadian yang berhubungan dengan interaksi antara manusia.

profil kepribadian ‘Personality Plus’

Koleris: Ini adalah c ommander-jenis. Cholerics yang dominan, kuat, tegas, keras kepala dan bahkan sombong.

Melankolis: Ini adalah m ental-jenis. Perilaku khas mereka melibatkan proses berpikir, menilai, membuat daftar, evaluasi sisi positif dan negatif, dan analisis umum dari fakta.

Sanguine: Ini adalah s ocial-jenis. Mereka menikmati kesenangan, bersosialisasi, mengobrol, bercerita – dan gemar menjanjikan dunia, karena itu hal ramah lakukan.

Phlegmatic: Ini adalah f lat-jenis. Mereka santai, santai, acuh tak acuh, unexcitable dan santai. Berkeinginan lingkungan yang damai di atas segalanya.

Positif dan Negatif

Tak satu pun dari jenis secara khusus digambarkan sebagai positif atau negatif – masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian. Buku ini menjelaskan bahwa karakteristik adalah untuk mengamati dan mengidentifikasi, bukan menilai.

  • Pemarah Sebuah difokuskan pada menyelesaikan sesuatu, tetapi dapat menjalankan kasar bersepatu atas orang lain. Mereka tegas dan keras kepala.
  • Melankolis adalah orang yang sangat berbakat, mereka memiliki ide brilian, meskipun kadang-kadang mereka dapat melumpuhkan diri dengan over-analisis. Daftar dan “melakukan sesuatu dengan cara yang benar” adalah karakteristik dari tipe kepribadian ini.
  • Sebuah Sanguine mendapatkan baik dengan orang dan dapat membuat orang lain bersemangat tentang masalah, tetapi tidak selalu dapat diandalkan untuk menyelesaikan sesuatu. Mereka suka berinteraksi dengan orang lain dan memainkan peran penghibur dalam interaksi kelompok. Mereka memiliki kecenderungan untuk over-janji dan kurang memberikan.
  • Phlegmatic adalah netral – mereka cenderung tidak aktif marah orang, tapi ketidakpedulian mereka dapat menggagalkan orang. Mereka mencoba untuk tidak membuat keputusan, dan umumnya pergi untuk status quo. Mereka peduli dengan orang dan harmoni.

Interaksi

Kepribadian sistem Plus kurang tentang mengidentifikasi profil seseorang, dan lebih lanjut tentang implikasi yang mungkin untuk interaksi kelompok. Dengan demikian, ia digunakan dalam penjualan dan pelatihan negosiasi, dan untuk memahami dinamika kelompok dalam bisnis [ rujukan? ].

  • Sebuah pemarah mungkin akan frustrasi oleh Phlegmatic yang tampaknya tidak ingin mendapatkan sesuatu dilakukan sekarang. Pasangan ini namun dapat bekerja dengan baik, karena Cholerics cenderung untuk mengatakan kepada orang apa yang harus dilakukan, dan Phlegmatics cenderung melakukan apa yang mereka diberitahu. Kopling ini sering memiliki hubungan satu sama lain – meskipun menarik ini dapat memperkenalkan sebuah spiral ke bawah, di mana pemarah menjadi semakin memerintah, dan Phlegmatic menjadi lebih peduli melalui interaksi mereka.
  • Melancholies mungkin membuat daftar dan bekerja melalui mereka poin demi poin, dan frustrasi oleh Sanguines yang cenderung untuk bangkit dari satu ide ke yang berikutnya, sering tanpa menyelesaikan pertama.

Sebuah penyederhanaan mungkin bahwa seorang pemarah suka “jalan”, Melankolis menyukai itu “jalan yang benar”, sebuah Sanguine suka “cara menyenangkan”, dan Phlegmatic suka “cara mudah”.

Kritik

Ditambah kepribadian, seperti sistem profiling lainnya, dikritik karena isu-isu seputar kurangnya pembenaran statistik, penggunaan generalisasi, dan bias konfirmasi . Hal ini dibahas secara lebih rinci di sini dalam hubungannya dengan Myers-Briggs .

Bandingkan dengan sistem lain

Myers-Briggs

The Myers-Briggs skala adalah sistem lain yang terkenal untuk kepribadian generalising. Kepribadian Plus adalah tentang bagaimana orang berhubungan dari bagaimana mereka dalam hak mereka sendiri. Namun demikian, adalah instruktif untuk membandingkan skala yang berbeda.

  • Introvert / Ekstrovert: Sanguines suka bersosialisasi, dan Cholerics memiliki kepercayaan diri untuk berinteraksi sosial. Melankolis bisa menjadi lebih dari seorang intelektual, dan dengan demikian agak kurang sosial, dan Phlegmatics hanya tidak keberatan dengan cara baik.
  • Penginderaan / Intuisi: Melankolis Sebuah fakta berusaha untuk datang ke kesimpulan, sebuah Sanguine mungkin pergi dengan apa yang terasa benar, sedangkan keputusan yang pemarah yang didasarkan pada pendapat mereka sendiri – tanpa pendapat-pendapat yang diperlukan fakta-didorong, meskipun mereka tentu saja dapat menjadi.
  • Berpikir / Merasa: Ini adalah tentang bagaimana orang memproses dunia di sekitar mereka, dan pengamatan paling jelas adalah bahwa Melancholies seperti fakta, sedangkan Sanguines telah condong ke arah suatu emosi.
  • Dilihat / Pasrah: Sedangkan memahami adalah semua tentang hanya membuat pengamatan, menilai melibatkan mengalokasikan nilai pengamatan (benar / salah, baik / buruk, dll). Sejak Melankolis adalah tentang “benar”, dan Cholerics adalah tentang “cara saya”, mereka cenderung lebih pada skala menghakimi. Phlegmatics, menjadi “cara mudah”, adalah tentang memahami.

Merrill-Wilson

Profil dari Merrill-Wilson sistem tumpang tindih sama dengan Kepribadian Plus sistem:

  • Driver: pemarah
  • Analytical: Melankolis
  • Ekspresif: Sanguine
  • Ramah: Phlegmatic

Empat temperamen

David Keirsey dan yang lainnya telah mempopulerkan empat temperamen sistem dengan hasil yang sedikit berbeda dari Littauer.